Rabu, 13 Maret 2013

Ruang Lingkup Laporan Keuangan

Pemakai Informasi Laporan Keuangan

Pemilik dan Calon Pemilik

Setiap pemilik perusahaan atau pemegang saham menghendaki dana yang ditanamkan dapat terus berkembang. Pemilik perusahaan selalu mengevaluasi hasil operasi perusahaan dari waktu ke waktu, dan mengevaluasi posisi keuangan perusahaan pada saat tertentu. Informasi akuntansi akan membantu untuk mengambil keputusan atas: tetap menanamkan modalnya, menambah, mengurangi atau justru menarik dana yang telah disetorkan, dan merupakan media untuk menaksir bagian laba yang akan diterimanya. Sedangkan bagi calon pemilik atau calon pemegang saham informasi akuntansi digunakan sebagai tolok ukur tingkat keuntungan yang akan diperolehnya jika ia membeli saham perusahaan tertentu. Jenis informasi yang diperlukan: Neraca dan Laporan Rugi/Laba

Kreditor dan Calon Kreditor

Kreditor adalah pihak yang memberikan kredit (pinjaman) kepada perusahaan. Kreditor berkepentingan terhadap keamanan dana yang dipinjamkannya dan tingkat penghasilan yang akan diperolehnya. Para Calon Kreditor perlu mengevaluasi laporan akuntansi sebelum memutuskan untuk memberikan pinjaman.
Jenis informasi yang diperlukan: data tentang likuiditas, rentabilitas dan solvabilitas.

Manajemen

Manajemen memiliki tanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan. Bagi
manajemen, akuntansi memiliki peranan yang penting dalam hal: melindungi harta perusahaan, penyusunan rencana kegiatan perusahaan di masa yang akan dating, pengukuran penghasilan perusahaan dalam kurun waktu tertentu, dan pengawasan kegiatan perusahaan.
Jenis Informasi yang diperlukan : catatan-catatan finansial masa lalu dan sekarang, hasil operasi perusahaan, serta perencanaan di masa yang akan datang.

Karyawan dan Calon Karyawan

Kepentingan langsung karyawan terhadap perusahaan adalah upah yang sesuai dengan kontribusi yang disumbangkannya. Bagi calon karyawan informasi akuntansi dapat menunjukkan prospek perusahaan dan untung ruginya bekerja pada perusahaan tersebut.
Jenis informasi yang diperlukan : penjelasan tentang rencana perusahaan serta hasil yang dicapai, dan laporan tentang usaha perbaikan fasilitas kesejahteraan karyawan.

Pemerintah

Pemerintah berkepentingan terhadap :
  1. Pembayaran pajak yang ditanggung perusahaan : Pajak Penghasilan Badan,   maupun yang harus dihitung, dipungut, disetor dan dilaporkan oleh perusahaan seperti pajak Penghasilan Karyawan. 
  2. Ketaatan perusahaan terhadap peraturan-peraturan yang ditetapkan tentang pemberian upah minimum regional (UMR).
  3. Penetapan kebijaksanaan tertentu.
Jenis informasi yang diperlukan : besarnya kewajiban pajak, data-data akuntansi yang bersangkutan dengan peraturan pemerintah yang menyangkut perusahaan.

Laporan Keuangan secara umum terdiri dari:

  1. Laporan Laba-Rugi 
  2. Laporan Ekuitas Pemilik  
  3. Neraca 
  4. Laporan Arus Kas

Laporan Laba-Rugi

Laporan laba-rugi atau income statemen adalah laporan keuangan yang menyajikan ikhtisar pendapatan dan biaya-biaya suatu perusahaan selama periode waktu tertentu, seperti bulanan, triwulan ataupun tahunan. Suatu perusahaan dikatakan laba jika total pendapatan lebih besar dari total biaya, dan suatu perusahaan dikatakan rugi jika total pendapatan lebih kecil dari total biaya.

Laporan Ekuitas Pemilik

            Laporan ekuitas pemilik atau statement of owner’s equity adalah laporan keuangan yang menunjukan perubahan ekuitas pemilik selama periode waktu tertentu. Isi dari laporan ekuitas pemilik diantaranya modal awal, investasi pemilik, laba atau rugi bersih, prive dan modal akhir pada periode yang bersangkutan.

Neraca

            Neraca atau balance sheet adalah laporan keuangan yang menyajikan daftar aktiva, kewajiban, dan ekuitas pemilik suatu perusahaan pertanggal tertentu.

Laporan Arus Kas

            Laporan arus kas atau statement of cash flows adalah laporan keuangan yang melaporkan kas masuk (penerimaan kas) dan kas keluar (pengeluaran kas) selama suatu periode tertentu.

Tujuan akuntansi dan laporan keuangan yaitu :

Tujuan Umum :

  1. Untuk memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya mengenai sumber-sumber ekonomi dan kewajiban serta modal suatu perusahaan. 
  2. Untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan dalam sumber-sumber ekonomi netto (sumber dikurangi kewajiban) suatu perusahaan yang timbul dari aktivitas usaha dalam rangka memperoleh laba.
  3. Untuk memberikan informasi keuangan yang membantu para pemakai laporan di dalam mengestimasikan potensi perusahaan dalam menghasilkan laba. 
  4. Untuk memberikan informasi penting lainnya mengenai perubahan dalam sumber-sumber ekonomi dan kewajiban seperti informasi mengenai aktivitas pembelanjaan dan penanaman. 
  5. Untuk mengungkapkan sejauh mungkin informasi lain yang berhubungan dengan laporan keuangan yang relevan untuk kebutuhan pemakai laporan, seperti informasi mengenai kebijaksanaan akuntansi yang dianut perusahaan.

Tujuan Kualitatif :

  1. Relevan Relevansi (suatu informasi harus dihubungkan dengan maksud penggunaannya)
  2. Dapat Dimengerti (informasi harus dapat dimengerti oleh pemakainya, dan dinyatakan dalam bentuk dan istilah yang disesuaikan dengan batas pengertian para pemakai)
  3. Daya Uji (informasi harus dapat diuji kebenarannya oleh para pengukur yang independen dengan menggunakan metode pengukuran yang sama)
  4. Netral (informasi harus diarahkan pada kebutuhan umum pemakai dan tidak bergantung pada kebutuhan dan keinginan pihak-pihak tertentu)
  5. Tepat waktu (informasi harus disampaikan sesegera mungkin untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan)
  6. Daya Banding (informasi dalam laporan keuangan akan lebih berguna bila dapat dibandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya)
  7. Lengkap (informasi akuntansi yang lengkap meliputi semua data akuntansi keuangan yangdapat memenuhi secukupnya enam tujuan kualitatif di atas)
 


Sumber Referensi :
Horngren and Harrison (2007) Akuntasi Edisi 7 Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Anomi (2011) Modul PRA I-lab. Jakarta : Universitas Gunadarma

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Mbak desy,aq mau nanya

Pajak karyawan yg di pungut perusahaan tetapi karyawan2 tsb blm punya npwp,apa perlu di laporkan spt tahunanya sbg spt pribadi?

Selama ini npwp pake npwp perusahaan dimana karyawan bekerja

Thanks

Desy Arisandi mengatakan...

sangat perlu dilaporkan...
kan buat kebutuhan anda juga.

perusahaan hanya bertindak sbg fasilisator pembayaran aja, bukan pelaporan.
pelaporan dilakukan untuk memastikan kecocokan antara perusahaan yang sudah membayarkan dgn karyawan yang gajinya sudah dipotong untuk pembayaran pajak.

Unknown mengatakan...

Halo teman-teman saya dan keluarga, silahkan saya ingin Anda semua untuk berhati-hati dalam Internet. Saya akan nasihat

Anda tidak mengajukan pinjaman di internet karena tidak semua dari mereka adalah nyata, mereka adalah scam,

mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan Anda masih tidak akan

mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua pencuri. Saya telah menjadi korban dalam tiga pemberi pinjaman yang berbeda di sini dan saya

mengirim sejumlah pelukan uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya percaya untuk menjadi

pertama kalinya, tapi aku tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Silakan Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda

tidak akan tertipu seperti saya, jika Anda benar-benar ingin menerapkan di internet, hanya ada satu pinjaman

pemberi pinjaman saya yang percaya begitu banyak karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya ditipu, saya sangat

banyak rasa sakit karena saya memiliki banyak utang untuk membayar, jadi teman saya membantu saya keluar di kantor untuk

mencari pemberi pinjaman pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan pemberi pinjaman kredit baru SOPHIE EMMAUEL,

dan kami diterapkan di perusahaan, jadi teman saya adalah orang yang membantu saya untuk mengikuti semua aturan

dan peraturan dan untuk Allah menjadi kemuliaan aku pinjaman dari perusahaan sekitar 422 juta. jadi

jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi SOPHIE EMMAUEL dan mengikuti aturan dan peraturan

dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam, Anda dapat menghubunginya di nya

email di sophieemmauelloanworld@gmail.com

Unknown mengatakan...

,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

Posting Komentar