Sabtu, 12 Januari 2013

Arsip #2


kali nni saya akan membagi contoh Laporan Magang pada suatu perusahaan, mudah-mudahan bermanfaat buat kalian...

BAB I

PENDAHULUAN



1.1.            Latar Belakang Kerja Praktek

                  Simpanan masyarakat merupakan potensi modal dalam perekonomian agar potensi ini dapat bermanfaat bagi pembangun ekonomi perlu disalurkan ke kelompok masyarakat yang membutuhkan modal untuk membiayai kegiatan pengusaha yang produktif. Lembaga keuangan sangat di perlukan dalam perekenomian modern sebagai mediator  antara kelompok masyarakat yang kelebihan dana (rumah tangga) dan kelompok masyarakat yang memerlukan dana (pengusaha). Para pendiri negara kita adalah orang-orang yang arif dan bijaksana dan sangat memikirkan nasib rakyat terutama rakyat kecil. Maka didalam dasar negara yaitu Pancasila sebagai landasan ideal dan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai landasan konstitusional telah dipikirkan dan dicantumkan beberapa inti pokok terpenting dari hak-hak azazi manusia. Salah satu diantaranya adalah yang tercantum di dalam pasal 27 ayat (2) yang berbunyi : “Tiap-tiap warganegara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi Kemanusiaan”.
Saat ini Indonesia, Bank dan lembaga keuangan merupakan salah satu pelaku terpenting dalam perekonomian sebuah negara. Masyarakat maupun kalangan industry aatau usaha sangat membutuhkan jasa Bank dan lembaga keuangan lainnya,Pengerian lembaga keuangan adalah Lembaga keuangan adalah menghimpun dan menyalurkan dana.

1.2.            Tujuan Kerja Praktek
Tujuan dari kerja praktek kali ini adalah:
1)      Untuk mengetahui bagaimana prosedur penyediaan mesin ATM;
2)  Sebagai  wahana orientasi studi lapangan bagi Program Studi Akuntasi Komputer Universitas Gunadarma untuk mempersiapkan diri dan menumbuhkan minat dalam kaitannya dengan penyusunan tugas akhir atau LKP (Laporan Kerja Praktek) sebagai syarat kelulusan;
1.3.            Manfaat Kerja Praktek
       Melalui kegiatan kerja praktek yang telah dilakukan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi beberapa pihak, antaranya:
1)      Bagi penulis
Sebagai bahan untuk meningkatkan wawasan dalam bidang perbankan dan penulis dapat mengetahui kemampuan dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari sselama perkuliahan.
2)      Bagi PT. Bank ABC (Persero) Tbk.
Sebagai bahan masukkan dan pertimbangan dalam menerapkan kebijakan selanjutnya dan pentingnya dalam mewujudkan kondisi keuangann yang sehat.
3)      Bagi Pihak Lain
Kerja praktek ini dapat memberikan pengetahuan tambahan dan referensi yang menyangkut hasil kerja praktek kali ini dan dapat digunakan sebagai bahan perbandingan untuk menambah ketertarikann pada bidang perbankan khususnya.

1.4.            Pelaksanaan dan Waktu Pelaksanaan
Pelaksana
Pelaksaan prakter kerja dilakukan pada PT. ABC (Persero) Tbk. Area Depok oleh mahasiswa Universitas Gunadarma, yaitu:
            Nama               : Desy Arisandi
            NPM               : 49210976
            Program Studi : D-3 Akuntansi Komputer
Alamat             : Komp. BBD blok B3 nomor 136 RT/RW 003/003,  
 Mekarsari, Cimanggis, Depok 16952

Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan kerja praktek di PT. Bank ABC (Persero) Tbk. dimulai sejak tanggal 1 Agustus – 31 Agustus 2012, tercatat 19 (Sembilan belas) hari.


BAB II

TEMPAT KERJA PRAKTEK

 

BAB III

HASIL PRAKTEK KERJA


3.1       Prakter Kerja di Bagian GA (General Affair)

              General Affair (GA) adalah suatu unit kerja yang bertugas dan bertanggungjawab mengenai kesekretariatan, mengelola aset-aset Bank ABC yang ada di Area Depok, mengelola administrasi personalia, melalukan pengelolaan ATM, mengelola ATK, mengelola sarana pendukung operasional cabang lainnya dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bidang tanggungjawabnya. General Affair sendiri membawahi HR & GA Ass, Helper dan drive. 
                  Dalam pelaksanaannya, terdapat langkah-langkah sebelum penyediaan mesin ATM (Automated Teller Machine) atau lebih dikenal sebagai mesin Anjung Tunai Mandiri, yaitu:
1.      Program Implementasi ATM 2012
2.      Membagian Program Implementasi ATM 2012 (Kanwil)
3.      Membagian Terakhir Program Implementasi ATM 2012 (Area)
          Prosedur yang dilakukan untuk menyediaakan mesin ATM sesuai target, yaitu:
1.      Mencari Lokasi (Publik Area)
·         Strategis
·         Pusat Bisnis, misalnya mall, minimarket

·         Perusahaan/perkantoran
·         Dan lain-lain

2.      Pengiriman Mesin ATM
Koordinasi mesin ATM akan dilakukan oleh Kantor Pusat dan Kantor Wilayah.

3.      Pemasangan Mesin ATM (rumah ATM sudah tersedia)
Untuk pemasangan mesin ATM dengan catat rumah ATM telah selesai dikerjakan pihak ke-3.

5.      Pengisian Uang dan Pemeliharaan 
Untuk pengisian uang dan pemeliharaan mesin ATM di publik area akan diserahkan kepda pihak ke-3. Pihak ke-3 akan ditunjuk langsung oleh Kantor Pusat Bank ABC. 


BAB IV

PENUTUP



4.1       Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil selama melakukan Praktek Kerja, adalah:
1.   Tim GA office dan GA Clerk merupakan bagian penting di Bank ABC Area Depok, karena banyak menangani hal yang berkaitan dengan operational di belangkang perusahaan mulai dari mengelola aset-aset Bank Mandiri yang ada di Area Depok, sampai membawahi secara langsung HR & GA Ass, Helper dan drive.
2.   Bagian GA yang menangani Koordinator ATM harus menguasai teknik pencarian lokasi yang strategis agar dapat terjadi revenue yang baik sehingga  dapat membawa nama Area saat dilakukan penilai di Kanwil.
3.    Bagian GA yang menangani ATM assintent harus menguasai prosedur antara Pihak 1 dan Pihak 2 tentang persediaan mesin ruang ATM agar tidak terjadi kesalahan prosedur yang berakibatnya proses tertunda.
4.   Bagian GA yang menagani ATM harus teliti dengan kelengkapan persyaratan terpenuhinya transaksi penyewaan ruang mesin ATM, Biaya Listik ATM dan pajak-pajak yang bersaitan dengan ATM agar semua proses berjalan lancar sehingga  tidak merugikan kedua belah pihak.

4.2              Saran
Bagian GA Office dan GA Clerk sebaiknya tetap mempertahankan komunikasi yang baik agar tidak terjadi miss comunication. Dan PT. Bank ABC (Persero) Tbk. Area Depok tetap menjunjung tinggi budaya perusahaan selalu bersabahatan dengan Auditor internal maupun eksernal agar tercipta lembanga keuangan yang sehat dan bersih.

0 komentar:

Posting Komentar