Jumat, 28 Juni 2013

Analisa Laporan Keuangan

Tujuan Analisa

Laporan keuangan merupakan alat yang sangat penting untuk memperoleh informasi sehubungan dengan posisi keuangan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh perusahaan yang bersangkutan. Dan data yang akan digunakan untuk mendukung keputusan yang akan diambil manajemen menyangkut laporan keuangan adalah hasil dari analisa. Secara khusus tujuan analisa pembandingan adalah untuk mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi, dan perubahan mana saja yang memerlukan penelitian lebih lanjut.

Penyebab Perbedaan Pos-pos yang Ada dalam Suatu Perusahaan :

  1. Laporan tersebut disesuaikan dengan tekanan atau tujuan manajemen atau maksud penggunaan laporan tersebut. 
  2. Perbedaan pendapat di antara mereka yang menyusun laporan tersebut. 
  3. Perbedaan pengetahuan serta pengalaman daripada akuntan yang menyusun laporan tersebut. 
  4. Adanya kegagalan untuk mengetrapkan sebutan-sebutan (terminology) ataupun klasifikasi yang terbaru yang telah diterima umum atau lazim digunakan.

Teknik Analisa yang Biasa Digunakan dalam Analisa Laporan Keuangan

  1. Analisa Perbandingan Laporan Keuangan, adalah metode dan teknik analisa dengan cara memperbandingkan laporan keuangan untuk dua periode atau lebih. 
  2. Analisa Ratio, adalah suatu Metode analisa untuk mengetahui hubungan dari pos-pos tertentu dalam neraca atau laporan laba-rugi secara individu atau kombinasi dari kedua laporan tersebut.
  3.  Trend atau Tendensi Posisi dan Kemajuan Perusahaan dalam Prosentase, adalah suatu metode atau teknik analisa untuk mengetahui tendensi daripada keadaan keuangan,  apakah menunjukan tetap, meningkat, atau bahkan menurun. 
  4. Laporan dengan Prosentase per Komponen atau Common Size Statement, adalah suatu metode analisa untuk mengetahui prosentase investasi pada masing-masing aktiva terhadap total aktivanya, juga untuk mengetahui struktur permodalan dan komposisi perongkosan yang terjadi dihubungkan dengan jumlah penjualannya. 
  5. Analisa Sumber dan Penggunaan Modal Kerja, adalah suatu analisa untuk mengetahui sumber-sumber serta penggunaan modal kerja atau untuk mengetahui sebab-sebab berubahnya modal kerja dalam periode tertentu. 
  6. Analisa Sumber dan Penggunaan Kas atau Cash Flow Statement Analysis, adalah suatu analisa untuk mengetahui sebab-sebab berubahan jumlah uang kas atau untuk mengetahui sumber-sumber serta penggunaan uang kas selama periode tertentu. 
  7. Analisa Break-Even, adalah suatu analisa untuk menentukan tingkat penjualan yang harus dicapai oleh suatu perusahaan agar perusahaan tersebut tidak menderita kerugian, tetapi juga belum memperoleh keuntungan. Dengan analisa break-even ini juga akan diketahui berbagai tingkat keuntungan atau kerugian untuk berbagai tingkat penjualan. 
  8. Analisa Perubahan  Laba Kotor atau Gross Profit Analysis, adalah suatu analisa untuk mengetahui sebab-sebab perubahan laba kotor suatu perusahaan dari periode ke periode yang lain atau perubahan laba kotor suatu periode dengan laba yang dianggarkan untuk periode tersebut. 
  9. Analisa Kredit, adalah suatu analisa untuk mengetahui bagaiman dana digunakan dan bagaimana kebutuhan dana tersebut dibelanjakan atau dipenuhi. Dari mana datangnya dana dan untuk apa dana itu digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar