Jumat, 01 Oktober 2010

ilmu pengetahuan

ILMU PENGETAHUAN

Ilmu pengetahuan adalah segala sesuatu yang ada di dunia ini baik seara alamiah,sosial masyarakat ataupun kebudayaan pada masa lalu atau masa kini yang dapat menjadi objek studi untuk kita.

Dalam garis besarnya ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 garis besar,antara lain:
1. ilmu alamiah

2. ilmu sosial

3.ilmu budaya


1. Ilmu alamiah

Ilmu alamiah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti objek benda mati ataupun makhluk hidup yang berada di bumi ini. dalam penelitian objek,seseorang ahli alamiah harus bersifat objektif,sesuai dengan hasil penelitiannya.

banyak cabang dalam ilmu alamiah, antara lain :
1. kimia
2. biologi
3. fisika
4.geografi alam
5. klimatologi
6. geofisika dll

2. Ilmu Sosial

Ilmu sosial adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti tentang fenomena yang terjadi di masyarakat,hal ini berbeda dengan ilmu alam yang fokus meneliti tentang fenomena alam. dalam pengkajian terkadang seorang peneliti ahli sosial tidak bersifat objektif . Hal ini disebabkan karena seorang peneliti adalah salah satu bagian dari fenomena tersebut yang mempunyai cara pandang tersendiri dalam menyikapi persoalan di masyarakat.

cabang ilmu sosial antara lain :

1. sosiologi

2. geografi

3. antropologi

4. ekonomi dll

3. Ilmu Budaya


Ilmu Budaya adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan, pada perkuliahan jurusan sosiologi juga ada salah stu mata kuliah ini , namun jika untuk mengingat terlalu sulit bisa di ambil intinya saja agar tidak terlalu membebani pikiran otak.

cabang- cabanngnya adala :

1. seni rupa

2.musik

3.seni tari dll
 

PERBANDINGAN ILMU ALAMIAH,SOSIAL DAN BUDAYA

-ilmu alam harus bersifat objektif dalam penelitiannya,sedangkan sosial terkadang bersifat tdk objektif. dalam ilmu budaya bersifat objektif bila diperlukan atau pun sebaliknya.
-objek penelitian,ilmu alam lebih condong meneliti tentang ke fenomena alam,ilmu sosial lebih ke fenomena masyarakatnya, sedangkan ilmu budaya meneliti tentang fenomena alam dan masyarakat bahkan bisa keduanya.

0 komentar:

Posting Komentar