Jumat, 03 Januari 2014

Analisis Perusahaan yang Bersifat Tbk



Perusahaan adalah tempat terjadinya produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintahan dan ada pula tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintahan mereka memiliki badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintahan secara resmi.

Jenis-jenis Perusahaan

Berdasarkan lapangan usaha:
  1. Perusahaan Ekstraktif 
  2. Perusahaan Agrasi 
  3. Perusahaan Industri 
  4. Perusahaan Dagang 
  5. Perusahaan Jasa
Berdasarkan kepemilikan:
  1. Perusahaan Negara 
  2. Perusahaan Koperasi 
  3. Perusahaan Swasta
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. adalah salah satu perusahaan milik negara (BUMN). Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, melalui pengambil-alihan kepemilikan saham atas empat bank pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), dilebur menjadi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. pada tanggal 31 Juli 1999, sehingga mulai beroperasi secara komersial sejak bulan Agustus 1999. Keempat bank pemerintah yang dilebur tersebut mempunyai peran penting yang tidak dapat dipisahkan dalam pembangunan perekomonian Indonesia. Dengan kata lain PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. berdasarkan lapangan usaha termasuk ke dalam jenis perusahaan jasa karena sesuai dengan pengertiannya perusahaan jasa yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, khususnya jasa keuangan (tabungan, giro, transfer, kliring dan lain-lain)

Pemodalan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. adalah perseroan terbatas yang artinya modal berdirinya perusaahn tersebut berasal dari saham-saham, dan karena Bank Mandiri merupakan persero Tbk maka lebih dari setengah total saham PT Bank Mandiri. Pemerintah Indonesia memegang saham PT Bank X sebanyak 66,68% dari total saham, kemudian 33,32% saham di pemegang oleh publik. Bank X bersama 6 segmen: Institutional, Corporate, Treasury, Commercial & Business, Consumer Finance dan Micro & Retail Banking serta didukung oleh 6 pilar bisnis anak perusahaan yang bergerak di bidang perbankan syariah, pasar modal, pembiayaan, asuransi jiwa, asuransi umum, serta bank fokus di segmen mikro.   

Evaluasi Keberhasilan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

            Pada perkembangan kinerja keuangan bank, Bank Mandiri berhasil mencacat kinerja yang memuaskan pada tahun 2011, Laba sebelum pajak untuk tahun 2011 mencapai Rp 14,6 triliun atau 111,7% dari target sebesar 13,1 triliun. Dibandingkan dengan per 31 Desember 2010 Bank Mandiri mengalami total kenaikan aktiva sebesar Rp 83,1 triliun atau tumbuh 20,5% pada akhir tahun 2011. Beberapa rasio keuangan utama menunjukkan pencapai yang lebih baik dari target, diantara lain :
Bank Mandiri pada tahun 2011 memperkerjakan 27.907 karyawan dengan 1.537 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia dan 7 kantor cabang  atau perwakilan atau anak perusahaan di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan jaringan EDC (Elektronic Data Capture).

Peran Bank Mandiri terhadap Perekonomian

Untuk itu Bank Mandiri melaksanakan kegiatan usaha sebagai berikut:
a.    Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa giro, deposito berjangka, sertifikasi deposito, tabungan dan bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu;
b.   Memberikan kredit;
c.    Menerbitkan surat pengakuan hutang atau obligasi;
d.   Membeli, menjual atau menjamin atas risiko sendiri maupun untuk kepentingan dan atas perintah nasabah;
e.    Kegiatan usaha lainnya seperti yang diamanatkan di dalam Anggaran Dasar Perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar