Rabu, 09 Oktober 2013

Pengertian Etika



Etika adalah tindakan yang berhubungan dengan pendapat yang relevan dengan pendapat orang banyak. Etika dikatakan baik jika selaras dengan ke-etis-an. Secara verbal banyak pendapat tentang penggambaran kata etika.

  • Etika adalah Ilmu tentang apa yang baik dan yang buruk,tentang hak dan kewajiban moral.
  • Menurut Maryani & Ludigdo (2001) “Etika adalah Seperangkataturan atau norma atau pedoman yang mengatur perilakumanusia, baik yang harus dilakukan maupun yang harusditinggalkan yang di anut oleh sekelompok atau segolonganmasyarakat atau profesi”.
  • Dari KBI (Kamus Besar Indonesia) Etika adalah tingkat laku, tata karma, sopan santu. 
  • Dari Wikipedia Bahasa Indonesia Etika adalah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita. Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain. 
  • Kata etik (atau etika) berasal dari kata ethos (bahasa Yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimilki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik.(http://kuliah-harian.blogspot.com/)

Contoh : seseorang dikatakan etis jika saat makan tidak melanggar etika yang umum di tempat tersebut.

Haruslah mencuci makan sebelum makan, haruslah dalam posisi duduk di kursi, diawali dengan doa, mengunyah dengan mulut tertutup, gunakan peralatan makan yang cocok (makan sup dengan sendok bukan garpu/pisau), ambil makanan sesuai porsi dan sebagainya.

Jika ada seseorang yang melanggar etika makan diatas, maka dia dianggap seorang yang sembronoh atau tidak sopan.

0 komentar:

Posting Komentar