Sejarah
Bento
Bento pertama kali dibuat pada akhir
zaman Kamakura, tepatnya pada abad 14 ketika masyarakat Jepang mengetahui cara
memasak nasi kering yang dikenal dengan nama hoshii.
Hoshii adalah nasi yang dapat
dimakan setelah dimasak dengan air yang kemudian dimasukkan ke dalam kantong
kecil. Tapi, istilah bento
digunakan pada abad 16 ketika Oda Nobunaga (1534-1582) memberi makan
orang-orang yang ada di istananya satu persatu. Bento berkembang di Jepang pada
zaman Edo (1603-1867) yang damai. Para pelancong membawa bento yang isinya onigiri (nasi kepal) di dalam kotak
anyaman bambu. Pada waktu itu, bento
biasanya dimakan di antara maku
(babak) pada pertunjukan kabuki
dan noh. Bento jenis ini disebut makuuchi bento yang sangat populer
saat itu. Dewasa ini, anak-anak pergi ke sekolah membawa bento. Para karyawan juga membawa bento ke kantor.
Pada zaman Meiji (1868-1912), ekibento
(bento stasiun/ perbekalan yang dijual di stasiun) atau yang lebih dikenal
dengan sebutan ekiben dijual
untuk pertama kali. Ekiben
pertama isinya onigiri dan
aprikot yang dijual di stasiun Utsunomiya, perfektur Tochigi. Saat ini, ekiben masih populer dan isinya pun
bermacam-macam. Sejak zaman Taisho (1912-1926), bento semakin memasyarakat di
Jepang, terlebih lagi sejak munculnya kotak bento
alumunium yang mudah dibersihkan. Kecenderungan orangtua yang ingin anaknya
makan makanan yang higienis pun membuat orangtua mewajibkan anaknya membawa bento ke sekolah. Penemuan
mikrowave di tahun 1980-an juga menyebabkan bento
semakin mudah ditemukan di toserba-toserba. Konsep Restoran Minori
Bento sendiri adalah “KONSEP TENDA TAKESHI BENTO DI LUAR KOTA”
konsep Restoran |
VISI & MISI
VISI : Menjadi restoran yang memiliki
harga tejrangkau dengan kualitas rasa internasional
MISI : -
Meningkatkan inovasi dan kreatifitas dengan mengikuti perkembangan zaman
-
Memaksimalkan peluang yang ada
-
Meningkatkan mutu kualitas rasa makanan
PROFIL PERUSAHAAN
Nama
Perusahaan : MINORI BENTO dan ROMAWI
PANCAKE
Bidang
Perusahan : Makanan
Jenis
Perusahaan : Jasa
Tahun
Berdiri : 2012
Nama
Pemilik : Ibu Dwi
Karyawan : 1. Alfi (FOH)
2. Eman (BOH)
3. Fandi (FOH)
Alamat
Perusahaan : Jl. Akses UI No.26 Kampus
Gunadarna Kelapa Dua, Cimanggis, Depok
Telepon : 021-41772068
Jam
Buka : 08.00 – 21.00 WIB
Kapasitas : 30 kursi
lokasi dilihat dari satelit (Google) |
ASPEK
PASAR
Gambaran Umum
Segmen
Pasar
Dewa ini konsumen sering kali melirik makan
enak dan murah, seperti warteg yang ada di sekitaran kampus. Jadi makan yang
mudah dilirik konsumen adalah produk enak, murah, dan bersih.
Target
Pasar
Pasar
yang dituju oleh restoran ini adalah konsumen yang suka memakan makan jepang
dan eropa. Pastinya sasaran restoran tertuju pada remaja, tetapi tidak menutup
kemungkingan peluang pasar dan meluas sampai ke kalangan orang kerja atau
rumahan karena restoran ini juga menyediakan delivery service.
Harga
Mengenai
harga restoran ini mematok harga makanan jepang dari Rp 12.000 sampai Rp
20.000, untuk pancake Rp 5.000 sampai Rp 6.500. Harga di restoran ini sangat
terjangkau sekali untuk para mahasiswa
Positioning
Mungkin jika hanya restoran makanan
jepang sudah terlalu banyak, tetapi tidak banyak restoran yang menggabungkan
dua kultur makanan dari Negara yang berbeda seperti MONORI BENTO dan ROMAWI
PANCAKE.
Pesaing Terdekat |
Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
Strategi Pemasaran Perusahaan dilakukan berdasarkan analisis 7P dengan alat analisis
SWOT menurut Kottler yang terdiri atas :
1.
Product
produk yang di tawarka sangat menarik seperti:
2.
Price
Dalam
segi harga karena produk restoran ini yang mempunyai originalitas yang tinggi,
mematok harga standar.
3.
Promotion
·
Advertising (Iklan)
Melalui
media online kami memperkenalkan produk di media Facebook dengan membentuk
group atau menggunakan akun pribadi para pendiri perusahaan . Dengan Blog
kami lebih menceritakan dan memperjelas keberada produk kami disertai media
pelayann penyebaran info. Tidak hanya dunia maya kami pun mencetak brosur
dengan perincihan harga, contact person dan foto produk. Blog : minoribento.blogspot.com/, twitter: @MinoriBentoRS, dan facebook : MINORI BENTO
·
Sales Promotion
Kami akan turut serta untuk lebih dan lebih lagi
memperbesar pangsa pasar, setiap ada pekan-pekan UKM yang memungkinkan kami
memperkenalkan produk.
·
Personal
Selling
Pemesanan
dan pemasaran juga dilakukan oleh para pendiriperusahan baik di lingkungan
perkuliahan, kerja dan sekitar rumah.
4.
Placement
5.
People
Untuk
memanfaatkan semaksimal mungkin tenaga kerja yang restoran ini miliki sekarang,
maka kami membagi sistem kinerja kami sesuai dengan kemampuan (skill) yang
mereka miliki. Jadi lebih sejak awal penerimaan karyawan melalui seleksi dan
training dahulu.
7.
Physical Evidence
Untuk
penampilan karena makana yang terlebih dahulu dilihat tampil, makanan di
restoran ini juga menggarnisnya dengan natural serta artiskis.
LAMPIRAN DOKUMENTASI :
0 komentar:
Posting Komentar