Jumat, 22 Juni 2012

MINORI BENTO DAN ROMAWI PANCAKE



Sejarah Bento
Bento pertama kali dibuat pada akhir zaman Kamakura, tepatnya pada abad 14 ketika masyarakat Jepang mengetahui cara memasak nasi kering yang dikenal dengan nama hoshii. Hoshii adalah nasi yang dapat dimakan setelah dimasak dengan air yang kemudian dimasukkan ke dalam kantong kecil. Tapi, istilah bento digunakan pada abad 16 ketika Oda Nobunaga  (1534-1582) memberi makan orang-orang yang ada di istananya satu persatu. Bento berkembang di Jepang pada zaman Edo (1603-1867) yang damai. Para pelancong membawa bento yang isinya onigiri (nasi kepal) di dalam kotak anyaman bambu. Pada waktu itu, bento biasanya dimakan di antara maku (babak) pada pertunjukan kabuki dan noh. Bento jenis ini disebut makuuchi bento yang sangat populer saat itu. Dewasa ini, anak-anak pergi ke sekolah membawa bento. Para karyawan juga membawa bento ke kantor.    Pada zaman Meiji (1868-1912), ekibento (bento stasiun/ perbekalan yang dijual di stasiun) atau yang lebih dikenal dengan sebutan ekiben dijual untuk pertama kali. Ekiben pertama isinya onigiri dan aprikot yang dijual di stasiun Utsunomiya, perfektur Tochigi. Saat ini, ekiben masih populer dan isinya pun bermacam-macam.   Sejak zaman Taisho (1912-1926), bento semakin memasyarakat di Jepang, terlebih lagi sejak munculnya kotak bento alumunium yang mudah dibersihkan. Kecenderungan orangtua yang ingin anaknya makan makanan yang higienis pun membuat orangtua mewajibkan anaknya membawa bento ke sekolah. Penemuan mikrowave di tahun 1980-an juga menyebabkan bento semakin mudah ditemukan di toserba-toserba. Konsep Restoran Minori Bento sendiri adalah “KONSEP TENDA TAKESHI BENTO DI LUAR KOTA”
konsep Restoran

VISI & MISI

VISI : Menjadi restoran yang memiliki harga tejrangkau dengan kualitas rasa internasional

MISI :  - Meningkatkan inovasi dan kreatifitas dengan mengikuti perkembangan zaman
            - Memaksimalkan peluang yang ada
            - Meningkatkan mutu kualitas rasa makanan



PROFIL PERUSAHAAN

Nama Perusahaan    : MINORI BENTO dan ROMAWI PANCAKE
Bidang Perusahan    : Makanan
Jenis Perusahaan      : Jasa
Tahun Berdiri           : 2012
Nama Pemilik          : Ibu Dwi
Karyawan                  : 1. Alfi (FOH)
                                     2. Eman (BOH)
                                     3. Fandi (FOH)
Alamat Perusahaan : Jl. Akses UI No.26 Kampus Gunadarna Kelapa Dua, Cimanggis, Depok
Telepon                     : 021-41772068
Jam Buka                   : 08.00 – 21.00 WIB
Kapasitas                   : 30 kursi

lokasi dilihat dari satelit (Google)


ASPEK PASAR
Gambaran Umum
Segmen Pasar
Dewa ini konsumen sering kali melirik makan enak dan murah, seperti warteg yang ada di sekitaran kampus. Jadi makan yang mudah dilirik konsumen adalah produk enak, murah, dan bersih.

Target Pasar
Pasar yang dituju oleh restoran ini adalah konsumen yang suka memakan makan jepang dan eropa. Pastinya sasaran restoran tertuju pada remaja, tetapi tidak menutup kemungkingan peluang pasar dan meluas sampai ke kalangan orang kerja atau rumahan karena restoran ini juga menyediakan delivery service.

Harga
Mengenai harga restoran ini mematok harga makanan jepang dari Rp 12.000 sampai Rp 20.000, untuk pancake Rp 5.000 sampai Rp 6.500. Harga di restoran ini sangat terjangkau sekali untuk para mahasiswa

Positioning
Mungkin jika hanya restoran makanan jepang sudah terlalu banyak, tetapi tidak banyak restoran yang menggabungkan dua kultur makanan dari Negara yang berbeda seperti MONORI BENTO dan ROMAWI PANCAKE.


Pesaing Terdekat


Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing

Strategi Pemasaran Perusahaan dilakukan berdasarkan analisis 7P dengan alat analisis SWOT menurut Kottler yang terdiri atas :
1.      Product
produk yang di tawarka sangat menarik seperti:

2.      Price
Dalam segi harga karena produk restoran ini yang mempunyai originalitas yang tinggi,  mematok harga standar.
3.      Promotion
·            Advertising (Iklan)
Melalui media online kami memperkenalkan produk di media Facebook dengan membentuk group atau menggunakan akun pribadi para pendiri perusahaan . Dengan Blog kami lebih menceritakan dan memperjelas keberada produk kami disertai media pelayann penyebaran info. Tidak hanya dunia maya kami pun mencetak brosur dengan perincihan harga, contact person dan foto produk. Blog : minoribento.blogspot.com/, twitter: @MinoriBentoRS, dan facebook : MINORI BENTO
·            Sales Promotion
Kami akan turut serta untuk lebih dan lebih lagi memperbesar pangsa pasar, setiap ada pekan-pekan UKM yang memungkinkan kami memperkenalkan produk.
·            Personal Selling
Pemesanan dan pemasaran juga dilakukan oleh para pendiriperusahan baik di lingkungan perkuliahan, kerja dan sekitar rumah.

4.      Placement
5.      People
Untuk memanfaatkan semaksimal mungkin tenaga kerja yang restoran ini miliki sekarang, maka kami membagi sistem kinerja kami sesuai dengan kemampuan (skill) yang mereka miliki. Jadi lebih sejak awal penerimaan karyawan melalui seleksi dan training dahulu. 
7.      Physical Evidence
Untuk penampilan karena makana yang terlebih dahulu dilihat tampil, makanan di restoran ini juga menggarnisnya dengan natural serta artiskis. 


LAMPIRAN  DOKUMENTASI :


 

0 komentar:

Posting Komentar