Sabtu, 12 Januari 2013

Contoh program VB (Visual Basic) Sederhana


Tujuan :

Membuat program yang dapat mengubah tulisan yang diinput menjadi perintah sederhana seperti Bold, Italic, atau Underline dan juga mengubah tulisan yang diinput sesuai warna yang diinginkan. Program kali ini menggunakan VB (visual basic).

Design :


Keterangan Design :

          
Menggunakan : Label
Label adalah kolom tulisan yang hanya dapat ditulis saat mendesign dan tidak dapat diubah saat program dijalankan. Biasanya digunakan untuk petunjuk kolom disamping, dibawah, ataupun diatasnya.
Menggunakan : TextBox
TextBox adalah kolom yang dapat menginput tuliskan (alpabet dan numberik) saat program dijalankan. Atau  tempat keluaran hasil coding.
Menggunakan : Frame + OptionButton
OptionButton adalah kotak yang dapat dipilih dan pilihan dilakukan bersifat opsional (hanya satu). Keterangan dari pilihan berada disamping kotak OpitionBottun.
Menggunakan : Frame + CheckBox
CheckBox adalah kotak yang dapat dipilih seperti halnya OptionButton, tetapi perbedaannya dengan OptionButton adalah tidak bersifat opsional, jadi kita dapat menggabungkan pilihan yang kita pilih dengan cara mencentangnya.
Menggunakan : CommandButton
CommandButton adalah kotak yang berisi rumus dan dapat diklik untuk mengetahui hasil dari rumus-rumus yang telah dimasukkkan pada window code.

Coding :     


Out Put :






0 komentar:

Posting Komentar